Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup

Ayo siapkan dadih kacang Cina klasik, kacang ginkgo, dan makanan penutup barley di rumah Anda. Sup ini sehat, enak, ramah vegan, dan bebas gluten.


Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup
Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup


Masakan Cina, terutama masakan Kanton, memiliki begitu banyak sup manis / pencuci mulut yang lezat. Sup ini biasanya mudah disiapkan dan sangat sehat. Beberapa di antaranya juga ramah vegan dan bebas gluten, persis seperti yang terjadi pada dadih kacang, kacang ginkgo, dan sup manis barley (腐竹 白果 薏米 糖水).

Sup ini memiliki tempat istimewa dalam hidupku karena ibuku menyiapkannya untukku pada hari pernikahanku. Saya akan menjelaskan semuanya secara detail sehingga Anda dapat meniru sup pencuci mulut ini di rumah Anda sendiri.


Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup
Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup

Bahan Cina yang Anda butuhkan untuk menyiapkan sup manis ini
Untuk sup manis khusus ini, Anda membutuhkan buncis kering, kacang gingko, jelai mutiara / jelai sobek, daun pandan, gula batu, dan telur.

Lembaran dadih kacang kering (腐竹)

Bean curd kering dijual dalam dua versi, versi stick dan versi sheet. Silakan beli versi lembar.

Anda tetap dapat menggunakan versi stik, tetapi karena lebih tebal dibandingkan dengan seprai, Anda harus merendam stik bean curd dalam air dingin hingga lembut sebelum digunakan, dan waktu memasak kemungkinan besar akan lebih lama untuk mendapatkan kelembutan yang diinginkan.

Mempersiapkan lembaran tahu: Bersihkan dengan lembut dengan kain dapur bersih atau bilas cepat dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran, lalu pecah menjadi potongan-potongan kecil sebelum dimasak.

Kacang ginkgo (白果)

Saya melihat dua jenis kacang ginkgo segar yang dijual di pasar Asia saya, versi kemasan vakum dan kacang segar masih dalam cangkangnya.

Saya menggunakan versi kemasan vakum, tetapi Anda dapat menggunakan yang masih dengan cangkang. Ketahuilah bahwa Anda perlu memecahkan cangkang dan menghilangkan kulit coklat dari kacang individu jika Anda menggunakan versi ini.

Persiapan: lihat bagian selanjutnya untuk penjelasan mendetail tentang cara menyiapkan kacang ginkgo sebelum dimasak.

Barley mutiara / barley air mata pekerjaan (薏米)

Ini tidak sama dengan jelai biasa. Pasar Cina Anda harus memiliki ini. Atau jika Anda memiliki pasar Jepang di dekat Anda, ini dikenal sebagai hato mugi dalam bahasa Jepang.

Persiapan: rendam barley selama satu jam dalam air keran dingin sebelum dimasak.

daun pandan

Anda bisa melihatnya segar di bagian produk, atau beku di bagian freezer.

Persiapan: ikat daunnya agar mudah dibuang setelah matang.

Gula batu

Semua sup manis tradisional Tiongkok dimaniskan dengan gula batu. Anda bisa menggunakan gula biasa, gula merah, atau bahkan madu / sirup maple jika mau.



Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup
Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup



Mempersiapkan kacang ginkgo

Kacang ginkgo secara teknis bukan kacang, melainkan biji pohon ginkgo. Mereka memiliki cangkang putih yang keras dan perlu dipecahkan untuk memperlihatkan daging kuning di dalamnya. Bagi saya, mereka terlihat seperti bola rugby kecil atau sepak bola Amerika, yang cukup lucu. :)

Daging kuningnya mengandung inti seperti biji kecil, yang sangat pahit jika tidak dibuang. Untuk menghilangkan inti, lakukan hal berikut:


  1. Potong setiap biji ginkgo menjadi dua memanjang.
  2. Jika Anda melihat inti, lepaskan saja. Alasan saya mengatakan "jika" adalah karena tidak 100% benih kuning akan memiliki inti di dalamnya. :)
  3. Rebus biji ginkgo tanpa biji selama 1 menit dalam air panas mendidih.


Setelah Anda melakukan semua langkah di atas, kacang ginkgo Anda siap digunakan.



Cara memasak sup manis
Setelah semua persiapan selesai, kami siap untuk memasak sup. Berikut cara melakukannya:


  1. Rebus jelai. Tempatkan air dan jelai mutiara dalam panci sup dan didihkan. Kecilkan api hingga mendidih, tutup panci, dan masak selama satu jam untuk melunakkan jelai.
  2. Rebus kacang ginkgo. Selanjutnya, kami menambahkan kacang ginkgo ke dalam panci dan terus mendidihkan sup selama 30 menit.
  3. Rebus dadih kacang. Saya biasanya menggunakan lembaran tahu yang sangat tipis untuk menyiapkan sup ini, jadi ini akan matang dalam waktu singkat. Tambahkan dadih kacang bersama dengan daun pandan, dan lanjutkan memasak selama 15 menit.
  4. Tambahkan gula. Selanjutnya tambahkan gula pasir, aduk hingga semua gula meleleh. Saya suka sup makanan penutup yang kurang manis, jadi jumlah yang disebutkan adalah yang paling saya sukai. Jika Anda lebih suka sup yang lebih manis, silakan tambahkan lebih banyak gula.
  5. Tambahkan telur. Aduk sup secara terus menerus saat kami mengalirkan telur yang sudah dikocok sebentar untuk menciptakan efek sup telur jatuh. :)


Dan dadih kacang, kacang ginkgo, dan sup manis barley kami sudah selesai! Oh, dan buang daun pandan dari sup sebelum disajikan. Sup manis ini bisa disajikan panas, suhu ruangan, atau bahkan dingin. Secara pribadi, saya suka versi sup panas. :)


Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup
Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup



Bean Curd, Ginkgo Nuts, dan Barley Sweet Soup

Kategori: Makanan penutup Sup Vegetarian
Masakan: Cina
Komposisi: Tofu Vegetables
Waktu Persiapan: 1 jam
Waktu masak: 2 jam
Total Waktu: 3 jam


Bahan

  • 5 gelas air
  • 50 gram pearl barley / jelai sobek, rendam dalam air keran dingin selama 1 jam
  • 100 gram kacang ginkgo, belah dua dan buang inti pahit, rebus dengan air panas selama 1 menit
  • 50 gram bean curd sheet, haluskan kecil-kecil
  • 2-3 lembar daun pandan, simpul
  • 50 gram gula batu, atau sesuai selera
  • 1 butir telur, kocok lepas



Instruksi
  1. Rebus bersama air dan jelai mutiara dalam panci sup. Kecilkan api hingga mendidih, tutup panci, dan masak selama 1 jam.
  2. Tambahkan kacang ginkgo, dan lanjutkan mendidih selama 30 menit.
  3. Tambahkan tahu dan daun pandan, dan lanjutkan mendidih selama 15 menit, atau hanya sampai dadih kacang layu dan lembut.
  4. Tambahkan gula batu, aduk hingga semua gula meleleh.
  5. Aduk sup terus menerus sambil mengalirkan telur kocok ringan ke dalam sup. Pengadukan akan membuat efek sup telur jatuh.
  6. Matikan api, dan buang daun pandannya.
  7. Sup bisa disajikan panas, pada suhu ruangan, atau bahkan dingin.







Comments