Sup Jagung dan Telur

Sup jagung dan telur Cina terbaik dengan jagung segar, dada ayam, dan telur. Gunakan anggur Shaoxing, atau untuk acara-acara khusus, gunakan XO Cognac atau brendi.

Sup Jagung dan Telur
Sup Jagung dan Telur 



Setiap tahun ketika jagung segar mulai bermunculan di pasar, hidangan pertama yang saya buat adalah sup jagung dan telur ini. Setelah Anda mempelajari cara membuat sup ini dengan jagung segar, Anda tidak akan pernah ingin membuat ini dengan jagung kalengan atau beku lagi.


Sup jagung dan telur adalah salah satu sup klasik masakan Cina, dan sup ini istimewa bagi saya karena saya tumbuh besar melihat ini disajikan pada acara-acara khusus, terutama pada makan malam dan ulang tahun Tahun Baru Imlek.

Jika Anda menyukai masakan Cina, sup ini adalah sup yang enak untuk semua orang. Resepnya hanya membutuhkan bahan yang sangat dasar, dan proses memasaknya juga sangat mudah.


Sup Jagung dan Telur
Sup Jagung dan Telur 





Ingredients for corn and egg drop soup

You will need fresh corns, chicken breast, eggs, onion, scallions, Shaoxing wine, cornstarch, salt, and pepper.

Prepare fresh corns

We want to use fresh corns since we want to use both the cobs and the kernels separately.

To separate corn kernels, place a small bowl/ramekin upside down inside a large mixing bowl, stand one corn and use a sharp knife to scrape off the kernels, the kernels will fall into the mixing bowl without making a mess.

Shaoxing wine substitute

If you don’t have Shaoxing wine, you can substitute with Cognac or brandy. In fact, my Grandma only used XO Cognac in her corn and egg drop soup, especially when she served the soup for Chinese New Year dinners.

Optional ingredients

The listed ingredients are the minimum that is needed to create this delicious soup. But if you have them in your kitchen, you can add one 6-ounce can crab meat, and about 1⁄2 lb of fresh asparagus.



Sup Jagung dan Telur
Sup Jagung dan Telur 





Cara memasak sup jagung dan telur.
Masukkan dada ayam, tongkol jagung, bawang bombay, dan air / kaldu ayam ke dalam panci sup. Didihkan. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 45 menit.

Buang tongkol jagung. Sobek dada ayam dan kembalikan ke dalam panci. Tambahkan biji jagung, garam, dan merica. Didihkan selama 15 menit.

Tambahkan anggur Shaoxing / XO Cognac / brendi dan sesuaikan bumbu jika perlu. Tuang larutan pati jagung untuk mengentalkan sup. Matikan panas.

Tuang telur ke dalam sup dengan aliran yang stabil, dan aduk cepat searah jarum jam hingga terbentuk potongan tipis.

Sajikan dengan irisan tipis daun bawang dan beberapa tetes minyak wijen per porsi.

Sup Jagung dan Telur
Sup Jagung dan Telur 



Bisakah saya menggunakan jagung kalengan atau beku?
Meskipun tidak ideal dan Anda dapat merasakan perbedaannya jika Anda membuat dua kelompok dan membandingkannya secara berdampingan, Anda tetap dapat menyiapkan sup ini bahkan dengan jagung kalengan atau beku.

Alih-alih dua jagung segar, Anda membutuhkan 1 1⁄2 cangkir biji jagung, baik dari jagung kalengan atau jagung beku. Tidak perlu mencairkan jagung beku sebelum digunakan.

Jika Anda menggunakan jagung kalengan atau beku, Anda HARUS menggunakan kaldu ayam. Anda hanya bisa menggunakan air jika Anda menggunakan jagung segar.


Sup Jagung dan Telur
Sup Jagung dan Telur 








Sup Jagung dan Telur

Masakan: Cina
Komposisi: Sayuran Telur Ayam
Waktu Persiapan: 30 menit
Waktu masak: 1 jam 15 menit
Total Waktu: 1 jam 45 menit

Bahan

1-2 (1 lb / 450 gram) dada ayam tanpa kulit tanpa kulit
2 butir jagung segar, pisahkan tongkol dari bijinya
1 bawang bombay, kupas dan potong menjadi empat bagian
6 gelas air / kaldu ayam
2 sendok teh garam, atau secukupnya
1 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh anggur Shaoxing / XO Cognac / brendi
4 sendok makan tepung maizena + 4 sendok makan air
2 butir telur, kocok ringan
2 batang daun bawang, iris tipis
minyak wijen

Instruksi

  1. Untuk memisahkan biji jagung, tempatkan mangkuk kecil / ramekin terbalik di dalam mangkuk besar, tahan satu jagung dan gunakan pisau tajam untuk mengikis biji jagung, biji akan jatuh ke dalam mangkuk pengaduk tanpa membuat berantakan.
  2. Masukkan dada ayam, tongkol jagung, bawang bombay, dan air / kaldu ayam ke dalam panci sup. Didihkan. Kecilkan api dan biarkan mendidih selama 45 menit.
  3. Buang tongkol jagung. Sobek dada ayam dan kembalikan ke dalam panci. Tambahkan biji jagung, garam, dan merica. Didihkan selama 15 menit.
  4. Tambahkan anggur Shaoxing / XO Cognac / brendi dan sesuaikan bumbu jika perlu. Tuang larutan pati jagung untuk mengentalkan sup. Matikan panas.
  5. Tuang telur ke dalam sup dengan aliran yang stabil, dan aduk cepat searah jarum jam sampai terbentuk potongan tipis.
  6. Sajikan dengan irisan tipis daun bawang dan beberapa tetes minyak wijen per porsi.




Comments